Jumat, 30 September 2011
ARTI MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran adalah semua alat (bantu) atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud untuk menyampaikan pesan (informasi) pembelajaran dari guru kepada anak didik ataupun warga belajar). Pesan (informasi) yang disampaikan melalui media, dalam bentuk isi atau materi pengajaran itu harus dapat diterima oleh penerima pesan (anak didik), dengan menggunakan salah satu ataupun gabungan beberapa alat indera mereka. Bahkan lebih baik lagi bila seluruh alat indera yang dimiliki mampu dapat menerima isi pesan yang disampaikan (Latuheru,1988:13).
DAUN
1. Struktur daun
E : Epidermis, bagian atas selapis sel dengan peenbalan kutikula. Bagian
bawah selapis sel dengan termodifikasi menjadi stomata.
K : Kortex, merupakan bagian dari mesofl daun/dagingdaun yang terdiri dari
jaringan Parenkim baik palisade dan spons.
S : Silinder pusat, terdapat Berkas Pengangkutan (BP)/Jaringan
Pengangkutan (JP) yang terlihat dalam urat daun. Terdapat tulang daun
dalam JP dengan jaringan penguat kolenkim. Pada tangkai daun
terdapat jaringan penguat berupa kolenkim dan sklerenkim.
2. Fungsi Daun:
Merupakan organ fotosintesis
Alat transportasi
Membatasi proses transpirasi dengan adanya lapisan kutikul.
Alat reproduksi vegetative
STRUKTUR BUNGA
1. Struktur Bunga
Perhatikan gambar di samping! Bunga lengkap memiliki bagianbagian sebagai berikut.
Image:bungsep.JPG
1. Kelopak, umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup.
2. Mahkota, merupakan bagian bunga yang indah dan berwarnawarni.
3. Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan.
4. Putik sebagai alat kelamin betina.
5. Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga, dan putik disebut bunga sempurna. Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari, maka disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit.
2. Fungsi Bunga
Fungsi bunga yang utama adalah sebagai alat perkembangbiakan generatif (materi ini akan kamu pelajari lebih mendalam di kelas VI). Perkembangbiakan generatif merupakan perkembangbiakan yang didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga, pembuahan yang terjadi
didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya kepala serbuk sari ke kepala putik. Bagian bunga yang paling menarik adalah mahkota. Mahkota yang indah dan berbau menyengat menarik perhatian serangga, seperti kupukupu, kumbang, dan lebah. Akibatnya, tanpa disadari proses penyerbukan terjadi. Sedangkan bagi manusia, bunga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan, perlengkapan upacara adat, dan bahan rempah-rempah. Dapatkah kamu menyebutkan fungsi bunga yang lain?
Kamis, 29 September 2011
TENTANG PTK
SISTEMATIKA PROPOSAL PTK
i PENDAHULUAN
Latarbelakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Manfaat Penelitian
DefinisiOperasional
II Kajian Pustaka
III METODE PENELITIAN
Subjek penelitian
Rancangan Penelitian
-Pelaksanaan
-Observasi
-Refleksi
Pengumpulan Data
-Observasi
-Tes
-Wawancara
-Analisis Data
DAFAR PUSTAKA
LAMPIRAN
APA ITU PTK
Suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya dengan jalan perbaikan dan perubahan dan akibat yang ditimbulkannya.
KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan yang bersifat klasikal dan mendesak
bersifat kolaboratif
berfokus pada problem praktis
pengembangan profesional
Struktur proyek
TUJUAN PTK
Untuk perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya adalah misi profesional kependidikan yang di emban oleh guru.
i PENDAHULUAN
Latarbelakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Manfaat Penelitian
DefinisiOperasional
II Kajian Pustaka
III METODE PENELITIAN
Subjek penelitian
Rancangan Penelitian
-Pelaksanaan
-Observasi
-Refleksi
Pengumpulan Data
-Observasi
-Tes
-Wawancara
-Analisis Data
DAFAR PUSTAKA
LAMPIRAN
APA ITU PTK
Suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya dengan jalan perbaikan dan perubahan dan akibat yang ditimbulkannya.
KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan yang bersifat klasikal dan mendesak
bersifat kolaboratif
berfokus pada problem praktis
pengembangan profesional
Struktur proyek
TUJUAN PTK
Untuk perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya adalah misi profesional kependidikan yang di emban oleh guru.
TENTANG PTK
SISTEMATIKA PROPOSAL PTK
i PENDAHULUAN
Latarbelakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Manfaat Penelitian
DefinisiOperasional
II Kajian Pustaka
III METODE PENELITIAN
Subjek penelitian
Rancangan Penelitian
-Pelaksanaan
-Observasi
-Refleksi
Pengumpulan Data
-Observasi
-Tes
-Wawancara
-Analisis Data
DAFAR PUSTAKA
LAMPIRAN
APA ITU PTK
Suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya dengan jalan perbaikan dan perubahan dan akibat yang ditimbulkannya.
KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan yang bersifat klasikal dan mendesak
bersifat kolaboratif
berfokus pada problem praktis
pengembangan profesional
Struktur proyek
TUJUAN PTK
Untuk perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya adalah misi profesional kependidikan yang di emban oleh guru.
i PENDAHULUAN
Latarbelakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Manfaat Penelitian
DefinisiOperasional
II Kajian Pustaka
III METODE PENELITIAN
Subjek penelitian
Rancangan Penelitian
-Pelaksanaan
-Observasi
-Refleksi
Pengumpulan Data
-Observasi
-Tes
-Wawancara
-Analisis Data
DAFAR PUSTAKA
LAMPIRAN
APA ITU PTK
Suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya dengan jalan perbaikan dan perubahan dan akibat yang ditimbulkannya.
KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan yang bersifat klasikal dan mendesak
bersifat kolaboratif
berfokus pada problem praktis
pengembangan profesional
Struktur proyek
TUJUAN PTK
Untuk perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya adalah misi profesional kependidikan yang di emban oleh guru.
TENTANG PTK
SISTEMATIKA PROPOSAL PTK
i PENDAHULUAN
Latarbelakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Manfaat Penelitian
DefinisiOperasional
II Kajian Pustaka
III METODE PENELITIAN
Subjek penelitian
Rancangan Penelitian
-Pelaksanaan
-Observasi
-Refleksi
Pengumpulan Data
-Observasi
-Tes
-Wawancara
-Analisis Data
DAFAR PUSTAKA
LAMPIRAN
APA ITU PTK
Suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya dengan jalan perbaikan dan perubahan dan akibat yang ditimbulkannya.
KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan yang bersifat klasikal dan mendesak
bersifat kolaboratif
berfokus pada problem praktis
pengembangan profesional
Struktur proyek
TUJUAN PTK
Untuk perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya adalah misi profesional kependidikan yang di emban oleh guru.
i PENDAHULUAN
Latarbelakang
Rumusan Masalah
Tujuan
Manfaat Penelitian
DefinisiOperasional
II Kajian Pustaka
III METODE PENELITIAN
Subjek penelitian
Rancangan Penelitian
-Pelaksanaan
-Observasi
-Refleksi
Pengumpulan Data
-Observasi
-Tes
-Wawancara
-Analisis Data
DAFAR PUSTAKA
LAMPIRAN
APA ITU PTK
Suatu penyelidikan atau kajian secara sistematis dan terencana yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya dengan jalan perbaikan dan perubahan dan akibat yang ditimbulkannya.
KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan yang bersifat klasikal dan mendesak
bersifat kolaboratif
berfokus pada problem praktis
pengembangan profesional
Struktur proyek
TUJUAN PTK
Untuk perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya adalah misi profesional kependidikan yang di emban oleh guru.
Langganan:
Postingan (Atom)